Ahad , 29 Januari 2017, 22:00 WIB

Yuk, Belajar Matematika Online dengan Catfiz Mesanger

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Binti Solikhah/Republika
 Ribuan siswa mengikuti babak semi final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) di GOR UNESA, Jl Lidah Wetan, Surabaya, Ahad (29/1).
Ribuan siswa mengikuti babak semi final Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) di GOR UNESA, Jl Lidah Wetan, Surabaya, Ahad (29/1).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Belajar Matematika kini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan aplikasi Catfiz Mesanger. Catfiz telah bekerja sama dengan Klinik Pendidikan MIPA (KPM) untuk memfasilitasi pembelajaran Matematika bagi para siswa di Indonesia melalui Program Indonesia Ikhlas.

VP Produk Catfiz Ispanji Pratama mengatakan ketertarikan Catfiz untuk bergabung dengan Program Indonesia Ikhlas karena melihat program tersebut luar biasa dan berkontribusi bagi pendidikan nasional. Sehingga, Catfiz sebagai infrastruktur telekomunikasi yang diciptakan anak bangsa terdorong ikut membantu berkontribusi bagi pendidikan.

Belajar Matematika Bayar Seikhlasnya di Sekolah Center

“Catfiz berperan sebagai fasilitas pembelajaran jarak jauh. Kalau kompetisi seperti ini menghubungkan banyak lokasi, tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau secara langsung. Catfiz mempunyai infrastruktur untuk memfasilitasi hal tersebut,” kata Ispanji saat ditemui Republika.co.id di sela-sela peluncuran Program Indonesia Ikhlas di GOR Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jl Lidah Wetan, Surabaya, Ahad (29/1).

Menurutnya, Catfiz bisa menyampaikan konten-konten eksklusif berupa soal-soal dan pembahasan, uji try out, tausiyah tokoh, dan lain sebagainya. Konten-konten ini sifatnya tidak konvensional. “Kontennya bisa berubah video streaming, atau audio streaming, semacam motivasi-motivasi ketokohan. Targetnya tidak hanya belajar Matematika tapi harapannya bisa membantu membentuk karakter adik-adik ini,” kata dia.

Untuk dapat mengakses konten-konten ini, lanjutnya, orangtua maupun siswa pengguna ponsel pintar Android dapat mengunduh aplikasi Catfiz Mesanger di Play Store. Kemudian, registrasi menggunakan nomor ponsel yang sama dengan yang didaftarkan di webiste indonesiaikhlas.org. Aplikasi tersebut bisa diundur dan kontennya digunakan secara gratis. Registrasi bisa dilakukan di Catfiz Mesanger terlebih dahulu atau sebaliknya. Setelah mendaftar Catfiz, user akan mendapat kode verifikasi yang dihubungkan dengan indonesiaikhlas.org untuk keamanan.

“Setelah itu, otomatis orangtua murid atau siswanya sendiri akan bisa mendapatkan konten secara langsung dan berkelanjutan,” imbuhnya.

Pada tahap awal, konten yang bisa dimanfaatkan yakni pembahasan soal dan tausiyah ketokohan. Sementara untuk try out online dapat diakses melalui situs indonesiaikhlas.org. Namun ke depan try out online juga dapat diakses melalui Catfiz Mesanger. Sedangkan untuk hasil pengumuman try out online dapat diakses di portal www.republika.co.id (ROL)  setiap Senin dan Kamis.