Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Robot Barista Jepang Sajikan Kopi 3 Dollar AS

Selasa 06 Februari 2018 11:31 WIB

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri

Henna cafe di Tokyo Jepang.

Henna cafe di Tokyo Jepang.

Foto: Time
Nama Henna Cafe memiliki arti 'Kafe Aneh' apabila diterjemahkan.

REPUBLIKA.CO.ID,  TOKYO -- Jepang membuat konsep kafe kopi baru dengan robot barista. Dilansir melalui Time, robot bernama Sawyer tersebut sudah memulai debutnya pekan lalu di Henna Cafe, Shibuya, Tokyo. Nama Henna Cafe memiliki arti 'Kafe Aneh' apabila diterjemahkan.

Sawyer akan beroperasi ketika pembeli sudah membeli tiket melalui mesin otomatis kemudian memindainya. Sawyer kemudian akan berbicara 'Maukah anda mendapat kopi yang lezat?'. Si robot baristas tersebut memiliki wajah berupa layar dengan menunjukkan sepasang mata.

 

Robot bisa menggiling biji kopi, mengisi saringan, dan menuangkan air panas ke atas cangkir kertas untuk lima pelanggan secara bersamaan. Secangkir kopi seduh tersebut dibanderol 320 Yen atau 3 dollar AS. Satu cangkir kopi disajikan hanya dalam hitungan menit.

 

Sawyer juga bisa beroperasi menyajikan enam minuman panas lainnya secara bersamaan, seperti cappuccino, cokelas panas, dan green tea latte. "Poin penting bagi robot adalah meningkatkan produktivitas," ujar General Manager Corporate Planning Masataka Tamaki. Namun tidak hanya efisiensi, robot bisa melayani pengunjung tidak seperti mesin penjual kopi otomatis.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA