Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Minggu, 5 Ramadhan 1439 / 20 Mei 2018

Microsoft Jadi Perusahaan Teknologi Terkuat di Dunia

Kamis 18 Januari 2018 11:58 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri

Microsoft CEO Satya Nadella

Microsoft CEO Satya Nadella

Foto: Time

REPUBLIKA.CO.ID, Berdasarkan pernyataan Reuters, raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft telah disebut sebagai perusahaan teknologi terkuat dalam jajaran pemimpin industri teknologi. Pada Rabu (17/1), Thomson Reuuters merilis urutan "100 Pemimpin Teratas Teknologi Dunia".

Microsoft menduduki peringkat teratas bersama dengan Intel yang menempati urutan kedua dan Cisco menempati urutan ketiga. Jajaran tersebut di tetapkan berdasarkan kesuksesan finansial dan perusahaan yang teroganisir dalam industri teknologi dunia.

Namun yang cukup mengejutkan, nama perusahaan besar dalam bidang teknologi seperti Apple menempari urutan 10 besar. Nama lain seperti IBM dan Texas bernasib serupa.

 

Mayoritas urutan teratas diisi oleh perusahaan berbasis AS. Namun pabrikan semi konduktor asal Taiwan, pabrikan perangkat lunak SAP asal Jerman dan konsultan teknologi Accenture asal Dublin turut bergabung pada urutan teratas.

 

Anehnya, urutan lain masih belum ditetapkan. Sebanyak 90 perusahaan lainnya yang belum ditetapkan urutannya merupakan perusahaan yang cukup menonjol pada dunia teknologi. Salah satunya adalah perusahaan media sosial yaitu Facebook dan retail online raksasa Amazon.

 

Reuters menjajarkan perusahaan ini meliputi banyak area seperti inovasi, finansial, kepercayaan diri, tanggung jawab sosial, dan sisi kepatuhan hukumnya. Pada penjelasan hasil laporan Reuters tertera, hasilnya berdasarkan dari algoritma 28 faktor yang memperitmbangkan performa dari sisi tolak ukur yaitu: finansial, manajemen, kepercayaan diri investor, risiko dan pemulihan risiko, kepatuhan hukum, inovasi, tanggung jawab sosial, imbas lingkungan, dan reputasi.

 

"Dalam melakukan pengamatan meliputi mengamati hak paten dari aktifitas inovasi teknologi terbaru tiap perusahaan dan pengamatan pada berita yang muncul tentang inovasi dari perusahaan, dan nilai reputasi perusahaan pada tiap media sosial yang di tentukan."

 

Disamping itu, hampir setengah dari semua perusahaan yang masuk kedalam jajaran (45 persen) berbasis di Amerika Serikat. Sedangkan Jepang dan Taiwan menempati posisi kedua dan diikuti oleh India.

 

Penilaian berdasarkan dari benua, Amerika Utara mendominasi dengan 47 perusahaan teratas dan Asia mengikuti dengan 38 perusahaan. Tidak kalah dengan Eropa yang menempatkan 14 perusahaan teknologi nya dalam jajaran tersebut, seperti dilansir pada laman V3.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA