Sabtu , 13 January 2018, 05:59 WIB

Teknologi Pengisi Daya Nirkabel Mendominasi CES 2018

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Dailymail
Pengisi Daya Nirkabel
Pengisi Daya Nirkabel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada acara Consumer Electronics Show (CES) tahun ini wireless chargers atau pengisi daya nirkabel memberikan pesonanya. Setiap stand pengisi acara banyak sekali perusahaan yang menawakan hal baru dalam mengisi daya gawai. Salah satunya adalah sistem nirkabel jarak jauh yang dapat mengisi beberapa gawai dalam satu waktu.

Diantara perusahaan tersebut terdapat dua perusahaan ternama iOttie dan Powercast yang juga turut memamerkan teknologi tersebut. Dengan menampilkan produk yang disebut dengan Wi-Charge, menggunakan infrared untuk memngirim daya menggunakan cahaya melalui virtual cord.
 
IOttie telah memenangkan penghargaan inovasi CES selama lima kali. Kali ini, merek ini kembali menarik perhatian dunia dengan pad pengisi daya nirkabel. Mereka meluncurkan serio terbaru iON Wireless, termasuk Fast Charging Pad.
 
Sistem tersebut menggunakan teknologi pengisian daya cepat dari nirkabel Qi dan memodifikasi reduksi pemanas. Terdapat ekstra port untuk menambahkan ponsel pintar agar dapat mengisi daya bersama. Sistem pad charging tersebut bekerja dengan case ponsel atau alat yang disimpan dibelakang ponsel yang dipamerkan pada ajang CES di Las Vegas, Amerika Serikat.
 
Wi Charge dirancang untuk dapat digunakan di dalam rumah. Dengan sistem 'Light' alat ini mampu memberikan suplai listrik secara nirkabel pada ponsel dan gawai lainnya. Alat ini dapat bekerja untuk beberapa gawai hingga jarak 80 kaki.
 
Teknologi tersebut dibuat dengan menggunakan sistem yang sama dengan WiFi. Ponsel tidak membutuhkan case atau pad untuk bantuan pengisian. Cukup gawai dalam keadaan aktif, dari headphone ke sensor otomatis rumah, maka dalam semalam baterai gawai akan penuh pada pagi hari.
 
Gawai yang menggunakan daya besar seperti headphone, gawai gim, jam pintar dan gelang fitness dapat digunakan dengan jarak dua kaki dari alat transmisi. Sedangkan penggunaan ringan seperti keyboard dan mouse dapat dijangkau sejauh enam kaki dan remot TV dapat dijangkau 10 kaki. Untuk penggunaan gawai yang lebih ringan seperti sensor temperatur atau alarm anti maling dapat dijangkau sejauh 80 kaki.
 
Selain itu, Shenzen Tesla Wireless juga memaerkan pad pengisi daya cepat. Dimana dengan menggunakan case ponsel SnapCharge dapat membantu ponsel mengisi daya, seperti dilansir pada laman Daily Mail.