Senin , 11 Desember 2017, 11:21 WIB

Visa Siapkan Wearable Device untuk Olimpiade 2018

Rep: Nora Azizah/ Red: Winda Destiana Putri
AP/Patrick Semansky
Kartu kredit VISA
Kartu kredit VISA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Visa membocorkan sebuah inovasi perangkat pembayaran untuk mendukung Olimpiade Musim Dingin 2018 tersebut. Menurut laporan First Post, Visa akan mengeluarkan sebuah wearable device untuk memudahkan pembelian dan pembayaran selama acara tersebut berlangsung. Jenis perangkat bisa berupa sarung tangan, stiker, pin, hingga sebuah perangkat yang ditempel pada ponsel.

Pada Kamis pekan lalu, Visa mengumumkan di New York, Amerika Serikat (AS), mengenai presentasi teknologi terbaru pada ajang Olympic dan Paralympic di PyeongChang, Korea Selatan. Visa membuat sebuah sarung tangan yang bisa digunakan untuk melindungi kulit dari suhu dingin rata-rata minus 4,8 derajat celcius. Bentuk sarung tangan tersebut sangat ramping dan tipis, serta dilengkapi perekat fleksibel. Sarung tangan pintar tersebut akan memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran.
 
Sarung tangan tersebut tidak perlu dilepas ketika seorang pengguna kartu kredit ingin melakukan transaksi pembayaran. Di dalam sarung tangan terdapat chip antar muka ganda dan antena kecil sehingga pembayaran bisa dilakukan hanya dengan meyentuhkan tangan ke layar saat akan melakukan pembayaran. Dalam membuat fasilitas tersebut Visa bekerja sama dengan Lotte Card, yakni salah satu cabang keuangan di Korea Selatan untuk memroduksi perangkat prabayar tersebut.
 
Tidak hanya sarung tangan, Stiker dan Pin berteknologi near field communication (NFC) juga akan menjadi salah satu perangkat wearable. Visa mendesain keduanya dengan delapan desain berbeda. Pin dan Stiker sudah bisa dibeli bagi pelanggan Lotte Card atau melalui situs resmi perusahaan tersebut. Namun informasi mengenai ketersediaan sarung tangan belum diberitahukan. 
 
Visa tidak hanya menyediakan perangkat tetapi juga mengelola keseluruhan sistem pembayaran dan infrastruktur internet di seluruh lokasi Olimpiade. Jaringan mencakup lebih dari 1000 titik terminal penjualan yang akan menerima pembayaran tanpa kontak, baik melalui perangkat seluler atau wearable device.