Kamis , 07 December 2017, 05:41 WIB

Cina Luncurkan Kapal Kargo Pertama Bertenaga Listrik

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
Indianaexpress
kapal kargo elektrik cina.
kapal kargo elektrik cina.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING --  Untuk pertama kalinya di dunia, Cina meluncurkankapal kargo yang digerakkan oleh tenaga listrik. Ini artinya kapal kargo milikNegara Tirai Bambu ini nol emisi.

Dilansir China Daily, kapal dengan berat 2000 ton ini telahdiluncurkan pada November lalu di kota Guangzhou. Kapal Kargo sepanjang 70,5 meter ini juga sudah beroperasi melintasi sungai Pearl.

Dengan kapasitas baterai mencapai 2400 kWh, kapal ini mampu menempuh perjalanan sejauh 80 kilometer setelah pengisian daya selama dua jam. Selain itu, kapal ini mampu melaju dengan kecepatan mencapai 12,8 kilometer perjam.

Jika dilihat dari segi kecepatannya, kapal ini bukanlah kendaraan tercepat yang melaju di atas air. Namun dari sisi kapasitas, kapal ini memang dirancang untuk mengangkut barang dalam jumlah besar.

Karena bertenaga listrik, kapal ini jelas tidak mengancam lingkungan. "Kedepan kapal ini akan disesuaikan untuk mengangkut penumpang atau beroperasi sebagai kapal mesin," ujar general manager Hangzhou Modern ShipDesign & Research Co, Huang Jialin.

Namun ironisnya, kapal kargo tanpa emisi yang diklaim ramah lingkungan ini justru dipergunakan untuk mengangkut batu bara. Batu bara merupakan salah satu bahan bakar fosil yang berkontribusi besar menghasilkan gas emisi yang beurujung pada pemanasan global.