Rabu , 15 November 2017, 04:42 WIB

Drone Bantu Temukan Orang Hilang

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Drone
Drone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Drone punya banyak manfaat dalam menunjang kegiatan sehari-hari. Selain sebagai sarana fotografi dan video, drone juga berguna membantu kegiatan pengamatan wilayah via udara serta proses evakuasi. Di North Carolina, drone mampu membantu kepolisian menemukan orang yang dilaporkan hilang. 

Laman Fox News menulis seorang wanita berusia 81 tahun dilaporkan hilang. Manula bernama Mary Brown ini hilang ketika berjalan-jalan di sekitar rumahnya. Setelah menerima laporan tersebut, pihak kepolisian setempat menggunakan drone untuk melacak keberadaan Mary Brown. Pencarian membuahkan hasil setelah drone dioperasikan selama 30 menit. 

Dalam unggahan di Facebook, Sherrif Robert A. Graves menuliskan bahwa pencarian awalnya mengerahkan anjing pelacak dari unit K9. Namun medan yang sulit dan adanya hamparan ladang jagung membuat kerja anjing jadi lebih lambat. Akhirnya berkat drone si wanita yang hilang dengan cepat bisa ditemukan. 

Sampai saat ini masih belum terkonfirmasi apa jenis drone yang digunakan dalam upaya pencarian tersebut. Namun Sherrif Graves menceritakan bagaimana drone memudahkan kerja polisi. 

"Officer Adam Krolfifer selaku pilot drone mampu melacak keberadaan orang hilang dalam 25 menit. Program drone ini adalah proyek terbaru di kepolisian kami. Bantuan drone membantu mewujudkan semboyan kami ''Good to Great'' dalam melayani kebutuhan masyarakat," demikian postingan yang ditulis oleh Graves.