Rabu , 25 October 2017, 15:29 WIB

Mengintip Fitur Kamera Sinema Terbaru Canon EOS C200

Rep: Christyaningsih/ Red: Yudha Manggala P Putra
YouTube/Visual Impact
Canon EOS C200
Canon EOS C200

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Canon baru saja meluncurkan dua seri kamera sinema profesional 4K terbarunya yakni EOS C200 dan C700. Menurut Yase Defirsa Cory selaku Marketing Manager of Canon Image Communication Product Division PT Datascript, dua kamera itu ditujukan untuk segmen yang berbeda.

"C700 lebih ditujukan untuk segmen sangat profesional yaitu dunia perfilman. Sementara C200 didesain bagi mereka yang berkecimpung di dunia broadcasting seperti produksi sinetron kejar tayang," ungkap Yase dalam acara peluncuran kedua seri kamera sinema tersebut di Jakarta, Rabu (25/10).

EOS C200 hadir dengan prosesor gambar terbaru Dual DIGIC DV 6 yang memungkinkan perekaman video dalam format Cinema RAW Light. Sehingga file yang dihasilkan lebih kecil dibandingkan Cinema RAW pada umumnya tanpa mengurangi informasi dari rekaman yang diambil.

Ukuran file yang dihasilkan Cinema RAW Light hingga sepertiga maupun seperlima dari ukuran biasa dan file pun dapat disimpan ke dalam memori CFast. Perekaman 4K juga dapat dilakukan dalam format MP4 yang bisa disimpan ke penyimpanan SD card.

Kedua format video 4K ini direkam dan disimpan langsung ke kamera untuk memberikan efisiensi dalam pembuatan video 4K. Canon EOS C200 sudah dilengkapi dengan LCD layar sentuh LM-V1. Pengaturan fokus pada obyek pun cukup dengan menyentuh obyek pada layar LCD.

Hadirnya teknologi Dual Pixel CMOS AF memberikan perubahan fokus yang cepat dan halus selama perekaman. Pengguna cukup menekan area yang ingin direkam melalui layar sentuh LCD. Pengguna juga dapat melakukan berbagai pengaturan dengan cepat dan akurat walaupun syuting sedang berlangsung.

DaVinci, sebuah software lansiran Blackmagic Design turut mendukung format Cinema RAW Light agar bisa dilakukan editing dan grading. Sebagai tambahan, pengguna dapat melakukan editing menggunakan media composer dari Avid Technology yang merupakan plugin resmi Canon, Canon RAW Plugin for Avid Media Access, dan memprosesnya menggunakan Canon Cinema RAW Development.