Selasa , 24 October 2017, 05:32 WIB

Kulkas Pintar Samsung Tambah Fitur Selfie

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Winda Destiana Putri
Dailymail
Kulkas pintar Samsung.
Kulkas pintar Samsung.

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak hanya manusia yang bisa selfie atau swafoto dan membagikannya di media sosial. Kini kulkas pun dapat berswafoto dan mengirimkan foto pada pemiliknya.

Jenis baru dari kulkas berteknologi tinggi dari Samsung ini dilengkapi dengan fitur swafoto isi kulkas dan mengirimkannya pada gawai pemiliknya. Ide ini untuk pemilik rumah yang memiliki kesibukan dan dapat memeriksa persediaan kulkasnya.

Pemilik dapat menekan terbuangnya makanan karena membeli barang yang masih tersedia di rumah. Gambar yang diambil dalam kulkas pun bisa mengingatkan daftar belanjaan yang tertinggal. Karena pemilik dapat langsung melihat apa yang mereka butuhkan.

Gawai pintar ini menambah fitur kulkas pintar lainnya seperti melengkapi pesanan belanja daring, menyarankan resep dan bahkan menyalakan oven. Menurut seorang penjual John Lewis, penjualan kulkas swafoto dalam tahun ini telah meningkat tiga kali lipat dan membantu merevolusi cara pemiliknya berbelanja.

Samsung Family Hub yang seharga 4.000 poundsterling (sekitar Rp 72 juta) misalnya, memiliki tiga kamera yang mengambil foto setiap kali pintu ditutup dan secara otomatis mengirimkannya ke gawai pemiliknya.

Kamera dipasang di bagian atas, tengah dan bawah pintu ini mengambil gambar sesaat sebelum lampu kulkas dimatikan. Untuk versi yang lebih murah, harga kulkas Bosch Home Connect dapat dibeli dengan harga 948,99 poundsterling (sekitar Rp 17 juta) yang memiliki dua kamera.

Seperti Samsung, kulkas tersebut juga dapat mengirimkan foto isi kulkas dan bahkan dapat mengirimkan peringatan jika pemiliknya tidak sengaja membiarkan pintu terbuka.

Nick Bevan, kepala manajemen produk Samsung Electronics mengatakan, produk ini menghentikan seseorang untuk membeli hal yang tidak perlu. 

"Ini menghentikan Anda menggandakan dan mengurangi limbah makanan yang menjadi masalah besar. Ini juga berarti Anda melihat sesuatu yang tidak terduga yang kami tawarkan. Anda dapat memeriksa apakah memiliki bahan sisa yang ada di kulkas untuk membuat resep tertentu atau jika Anda perlu persediaan," tutupnya seperti dilansir pada laman Dailymail.

Sumber : Center