Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Amazon Kembangkan Drone Pengisi Bahan Bakar Listrik

Senin 23 Oktober 2017 14:20 WIB

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Winda Destiana Putri

Amazon Kembangkan Drone Pengisi Bahan Bakar Listrik

Amazon Kembangkan Drone Pengisi Bahan Bakar Listrik

Foto: Mashable

REPUBLIKA.CO.ID, Perusahaan Amazon mendaftarkan hak paten atas teknologi drone untuk pengisian bahan bakar listrik mobil yang mereka kembangkan. Drone tersebut nantinya dapat mengisi bahan bakar listrik selagi mobil melaju di jalan raya.

Pesawat tanpa awak tersebut akan bekerja secara otomatis. Drone dapat merencanakan rute navigasi mereka sendiri tanpa bantuan manusia.

Nantinya mobil listrik akan mengirim permintaan bahan bakar ke jaringan yang tersambung pada drone. Server kemudian akan memilih pesawat drone yang tersedia dan menetapkannya untuk mengisi bahan bakar listrik kendaraan dititik pertemuan yang telah ditentukan.

Drone akan melakukan beberapa proses otentifikasi untuk memastikan bahwa ia berinteraksi dengan kendaraan yang benar. Selanjutnya drone akan tersambung pada konektor yang ada di atas mobil. Kemudian pengisian bahan bakar listrik akan dilakukan pada baterai kendaraan.

Dalam keterangan di surat paten, dilansir laman Mashable drone juga bisa memasok bahan bakar selain listrik. Dimungkinkan suatu hari nanti teknologi pengisian bahan bakar drone ini juga bisa melakukan pengisian bahan bakar gas.

Amazon telah berkecimpung dalam teknologi drone sejakD esember tahun lalu. Ketika itu Amazon menjadi pelopor pengiriman barang yang dipesan secara online, melalui teknologi drone.

Penerapan teknologi drone dalam pengisian bahan bakar listrik ini diperkirakan akan membawa ranah persaingan baru. Sebelumya Tesla dan General Motors telah memperluas infrastruktur pengisian bahan bakar listrik di darat.

Tesla telah melangkah jauh dalam mengembangkan teknologi pengisian bahan bakar listrik yang tersedia di rumah. Bahkan pengisian juga dapat dilakukan secara nirkabel. Namun Amazon melihat celah lain dengan teknologi drone yang sampai saat ini belum mendapatkan saingan.

Namun, sebuah hak paten bukanlah sebuah rencana nyata. Melalui hak paten tersebut masyarakat sudah disuguhkan dengan imajinasi bahwa suatusaat kelak jalan raya akan dipenuhi oleh drone yang sedang melakukan pengisian bahan bakar.

Paten tersebut menunjukkan bahwa perusahaan dagang online tersebut mulai menunjukkan ketertarikannya pada perkembangan mobil listrik. Amazon mengisi kehidupan kita dengan pembelian lagu, film, buku dan lainnya secara online. Pada akhirnya, perusahaan ini juga turut mewarnai perjalanan kita dalam berkendara sehari hari. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA