Rabu , 18 Oktober 2017, 19:26 WIB

HP Luncurkan Tablet Khusus Seniman Grafis

Rep: EKO SUPRIYADI/ Red: Winda Destiana Putri
CNet
HP ZBook X2.
HP ZBook X2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda seorang seniman grafis dan membutuhkan baterai yang tahan lama jika dalam perjalanan, HP mungkin memiliki jawabannya. Mengkutip The Verge, HP meluncurkan tablet baru yang bisa dilepas disebut ZBook X2 yang memiliki spesifikasi dengan prosesor quad-core i7 (dari jalur Intel Kaby Lake-R), kartu grafis Nvidia Quadro M620, dan RAM hingga 32GB dan SSD 2TB.

Semua spesifikasi tersebut ada di dalam tablet dan penutup keyboard yang dapat dilepas. Tablet ini memiliki layar sentuh 14 inci, yang bisa dikonfigurasi hingga resolusi 4K dengan warna 10-bit. Tablet ini mendukung pena pasif yang dibuat oleh HP, dengan teknologi Wacom yang mencakup tingkat sensitivitas tekanan dan penghalang sebesar 4,096 di bagian belakang.

GPU terintegrasi dibangun ke dalam tablet itu sendiri, dan kartu Nvidia disimpan dalam kotak keyboard, jadi hanya diaktifkan saat terpasang. ZBook X2 juga memiliki kickstand, smart card reader, pembaca kartu SD, port HDMI, port USB 3.0, dan dua port USB-C dengan dukungan Thunderbolt, yang memungkinkannya menyalakan dua monitor 4K.

Ada webcam 720p di tablet, dan keyboard termasuk lampu latar. Beratnya 4,78 pound. Harga mulai dari 1.749 dolar AS atau Rp 23,6 juta. Namun untuk spesifikasi tertinggi yang tercantum di atas, diperkirakan konsumen akan membayar jauh lebih banyak, ketika tablet tersebut mulai dijual pada bulan Desember ini.

ZBook X2 adalah tablet yang unik baik dalam bentuk maupun fungsi yang akan jauh di luar wilayah yang dibutuhkan kebanyakan orang atau keinginan untuk membelinya. Tapi ada pasar khusus untuk desktop workstation dan portable, dan HP berharap fleksibilitas yang diberikan oleh X2 akan menarik lebih banyak lagi pelanggan dengan bayaran tinggi.

Tidak diragukan lagi, dengan kemampuan prosesor i7, kecepatan tablet ini tidak perlu diragukan lagi, ditambah tenaga dengan RAM sebesar 32, seorang seniman maupun desain grafis tidak akan mengalami hambatan dalam menjalankan aktivitas.

Sumber : Center