Kamis , 18 May 2017, 15:09 WIB

Ini Cara Kaum Urban Memilih Barang Elektronik

Red: Esthi Maharani
Salah seorang pengunjung mengamati barang elektronik (Republika/Agung Supriyanto)
Salah seorang pengunjung mengamati barang elektronik (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, Kaum urban yang tinggal di perkotaan dan jumlah mereka terus meningkat, memiliki gaya tersendiri dalam memilih barang elektronik. Tingkat pendidikan yang cukup tinggi, daya beli yang besar, serta kesibukan yang padat, membuat mereka sangat selektif memilih barang elektronik.

Masyarakat urban yang demikian menurut  Manager Strategi Produk PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Darma Effendy sangat peduli pada kesehatan dan dampak lingkungan. Oleh karena itu, dalam memilih barang elektronik, mereka sangat perhatian pada teknologi mendukung gaya hidup sehat dan konsep hijau (green concept) yang ramah lingkungan. Namun, kata Darma, mereka juga perhatian pada estetika.

"Mereka akan memilih desain elektronik yang mewah dan keren," ujarnya.

Hal senada dikemukakan desainer interior Anggraito Suharsono. Menurut dia, salah satu kriteria yang juga penting dan jadi perhatian masyarakat urban dalam memilih barang elektronik adalah soal kepraktisan.

"Mereka senang pada produk yang easy to maintain (perawatannya mudah) dan memudahkan mereka yang sibuk," kata Anggraito yang juga Co Founder A+A Architecture Interior.

Bagi masyarakat urban kelas atas, lanjut dia, harga bukan masalah. Meski diakuinya untuk masyarakat urban menengah, akan melakukan perbandingan harga, sebelum membeli produk elektronik berteknologi tinggi, desain yang keren, tapi juga praktis.

Sumber : antara