Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Tuesday, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 February 2018

Dimodifikasi, Konsol Legendaris Nintendo Playstation Bisa Bekerja Kembali

Rabu 10 May 2017 17:03 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri

Konsol Legendaris Nintendo Playstation Bisa Bekerja Kembali.

Konsol Legendaris Nintendo Playstation Bisa Bekerja Kembali.

Foto: Engadget

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nintendo Playstation merupakan konsol game legendaris di antara para gamers yang memiliki slot SNES Cartridge Nintendo dan CD Drive Playstation. Sayangnya, konsol yang hanya diproduksi sekitar 200 unit ini juga memiliki kekurangan mendasar di mana CD Drive tak bisa memainkan game.

Kekurangan ini membuat konsol Nintendo Playstation menyisakan pertanyaan yang tak terjawab di antara para gamer. Berbagai upaya perbaikan pernah dilakukan untuk konsol-konsol Nintendo Playstation tetapi tidak ada satupun yang berhasil membuay CD Drive bekerja.

Misteri yang tersisa dari konsol legendaris ini kini terjawab oleh ahli perbaikan peralatan rumah tangga profesional Ben Heckendorn. Dengan beberapa upaya modifikasi, Ben berhasil membuat CD Drive pada konsol Nintendo Playstation bekerja.

Salah satu upaya yang dilakukan Ben ialah mengganti alat kapasitor. Menurut Ben, alat kapasitor pada konsol Nintendo Playstation patut dipertanyakan fungsinya. Ben pun mengaku melakukan beberapa perubahan pada bagian-bagian tertentu. "Menggoyang-goyangkan beberapa bagian," ujar Ben seperti dilansir Engadget.

Saat berhasil membuat CD Drive bekerja, Ben pun merasa cukup terkejut. Alasannya, CD Drive Nintendo Playstation telah menjadj misteri tak terpecahkan dalam waktu lama.

Kini, CD Drive Nintendo Playstation sudah bisa bekerja lagi dengan beberapa upaya modifikasi dari Ben. Tantangan selanjutnya ialah menemukan game yang bisa digunakan pada Nintendo Playstation

Seperti diketahui, produksi massal Nintendo Playstation sudah lama dibatalkan karena tidak adanya kesepakatan antara Nintendo dan Sony. Akibatnya, tidak ada pihak yang menbuat game resmi khusus untuk Nintendo Playstation.

Upaya yang berhasil dilakukan oleh beberapa peminat game sejauh ini adalah menuliskan game sederhana berdasarkan emulator yang hanya mampu menghasilkan permainan sederhana. Keberhasilan Ben dinilai dapat mendorong para ahli kode untuk menuliskan permainan yang lebih baik dan sesuai untuk Nintendo Playstation.

Saat ini, Nintendo Playstation yang berhasil dimodifikasi tersebut telah Ben kirimkan kembali pada pencetus Nintendo Playstation yaitu Diebold bersaudara, Terry dan Dan. Meski begitu, Ben merasa puas karena ia telah berhasil memecahkansalah satu  misteri legendaris di dunia video game.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA