Rabu , 03 Mei 2017, 21:50 WIB

Kesepahaman Dunia Kerja dengan Universitas BSI

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Sarasehan Universitas BSI dengan perusahaan dan instansi.
Sarasehan Universitas BSI dengan perusahaan dan instansi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Terjalinnya hubungan baik antara civitas akademika dengan dunia kerja merupakan syarat utama untuk mencapai tatanan masyarakat yang sejahtera. Terkait hal tersebut, kampus Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Bandung menyelenggarakan sarasehan karir dengan beberapa perusahaan/instansi yang telah menjalin kerja sama dengan Universitas BSI.

Kegiatan tersebut  dilaksanakan di aula kampus Universitas BSI, Jalan Sekolah Internasional no.1-6 Antapani Bandung,  Jawa Barat, Jumat (28/4/2017).

Rektor Universitas BS Dr  H  Purwadhi MPd saat membuka acara mengatakan,  kegiatan  tersebut  diselenggarakan sebagai upaya Universitas BSI untuk membangun kesepahaman antara dunia kerja dan civitas akademika untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang lulusannya terserap di dunia kerja.
 
Menurutnya, kegiatan ini juga sejalan dengan visi kampus yang menekankan pada terbentuknya kampus Universitas BSI yang dipercaya masyarakat sebagai perguruan tinggi yang lulusannya mudah mendapatkan perkerjaan.

Sementara Koordinator BSI Career Center (BCC) Universitas BSI, Sahidillah Nurdin SE,  MM menambahkan, Universitas BSI melalui BSI Career Center (BCC) konsisten dari tahun-tahun sebelumnya selalu mengadakan program kerja  yang memaksimalkan penyerapan lulusannya di dunia kerja, baik di bidang produksi maupun  jasa.

“Sedikitnya ada 10  perusahaan ikut serta pada sarasehan tersebut. Kesepuluh perusahaan tersebut adalah Bank BRI, Advance Medica Corpora, PT Sun Life Insurance, Infinity Bandung, Galamedia, Disdik Kota Bandung, The Trans Luxury Hotel, Kuwaza Tour and Travel (T&T), RSUD Soreang, dan RS Muhammadiyah Bandung,” kata Sahidillah Nurdin.

Kepala Kampus BSI Bandung Maxsi Ary SSi, MKom mengatakan,   saresehan karir dengan dunia kerja ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk jawaban/tujuan atas perubahan keinginan dari dunia kerja agar tercapai kesepahaman dengan civitas akademika. Di mana berbagi informasi, pendapat, gagasan, dan masukan dari perwakilan perusahaan/instansi dengan masing-masing program studi yang ada di kampus Universitas BSI.

“Perusahaan atau instansi yang diundang diselaraskan dengan program studi yang ada di kampus Universitas BSI. Mewakili Fakultas Ekonomi hadir Bank BRI dan Advance Medica Corpora. Undangan Fakultas Teknik dihadiri oleh PT Sun Life Insurance dan Infinity Bandung,” kata Maxsi Ary.

Ia menambahkan, untuk Fakultas Ilmu Komunikasi, hadir Galamedia dan Disdik Kota Bandung. Fakultas Ilmu Keperawatan dihadiri oleh RSUD Soreang dan RS Muhammadiyah Bandung. Terakhir Pariwisata dihadiri oleh The Trans Luxury Hotel dan Kuwaza Tour and Travel (T&T).

Kegiatan yang berlangsung selama tiga jam ini disambut antusias positif dari perusahaan yang hadir pada kegiatan tersebut. “Melalui kegiatan ini, kita bisa berbagi informasi tentang tuntutan dunia kerja terutama di bidang teknik komputer sebagai programmer. Sebab, banyak sekali kriteria yang harus dipenuhi para calon pekerja, dan Universitas BSI mempunyai peran penting untuk memenuhi kriteria tersebut. Kami juga berharap Universitas BSI  dapat memerhatikan kurikulum peningkatan soft skill yang berimbas pada mental lulusan yang tahan banting dalam menghadapi tuntutan kerja,“  kata perwakilan dari PT Sun Life Insurance Dwiarto Nurfalaqi Supono.