Senin , 17 April 2017, 12:45 WIB

BSI Yogyakarta Latih Komunikasi Efektif 500 Anggota Bhabinkamtibmas Polda DIY

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
Anggota Bhabinkamtibmas  Polda DIY mengikuti pelatihan komunikasi efektif yang diberikan oleh AMIK BSI Yogyakarta.
Anggota Bhabinkamtibmas Polda DIY mengikuti pelatihan komunikasi efektif yang diberikan oleh AMIK BSI Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- AMIK BSI Yogyakarta,  melalui Pusat Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat (PPPM), kembali memberikan Pelatihan Komunikasi Efektif kepada anggota Polda  DIY. Kali ini pelatihan diberikan kepada 500 anggota Bhanbikamtibmas Polda DIY, Selasa (11/4/2017) pekan lalu.

Tahun ini sudah sekian kalinya AMIK BSI Yogyakarta telah dipercaya oleh Polda  DIY untuk memberikan pelatihan baik bagi Bhabinkamtibmas, Polisi Pariwisata, Intelkam  maupun Polwan. Pelatihan yang digelar di Gedung Serba Guna Mapolda  DIY ini menghadirkan nara sumber Diah Pradiatiningtyas SE, MSc. Ia adalah  dosen sekaligus pimpinan AMIK BSI Yogyakarta.

Menurut Diah, disadari atupun tidak, banyak orang yang belum mampu berkomunikasi dengan baik. Sehingga,  sebagai pelayan masyarakat yang bertugas di seluruh kecamatan di DI Yogyakarta, anggota Bhanbikamtibmas Polda DIY sangat memerlukan pelatihan berkomunikasi ini.
“Perlu diberikan pemahaman bagaimana cara berkomunikasi yang efektif dan baik, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh kepolisian dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat,” kata Diah.

Diah menambahkan, dalam pekerjaan ataupun bersosial  masyarakat,  seseorang butuh berbicara di depan umum. Karena tulisan saja tidak cukup mewakili sesuatu yang ingin disampaikan oleh seseorang, maka kemampuan berbicara sangat membantu menguatkan makna dari tulisan sederhana.

“Komunikasi penting dipelajari bagi seorang anggota kepolisian. Sebab, komunikasi yang efektif merupakan kunci tersampaikannya pesan yang seharusnya disampaikan,” pungkas Diah.