Selasa , 11 April 2017, 22:06 WIB

AMIK BSI Karawang Tingkatkan Penelitian Mahasiswanya

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
AMIK BSI Karawang menyelenggarakan pekan ilmiah untuk meningkatkan minat penelitian mahasiswanya.
AMIK BSI Karawang menyelenggarakan pekan ilmiah untuk meningkatkan minat penelitian mahasiswanya.

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK  -- AMIK BSI Karawang mulai mempersiapkan mahasiswanya meningkatkan kualitas penelitian dengan menyelenggarakan pekan ilmiah. Pekan ilmiah yang dikemas dalam bentuk kegiatan seminar ilmiah ini diselenggarakan di aula AMIK BSI Karawang kampus Cikampek, Jawa Barat,  Jumat (7/4/2017).

Seminar yang bertemakan ‘Teknis  Penulisan Karya Ilmiah Guna Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dalam Menyusun Karya Ilmiah’ ini diikuti 40 mahasiswa dan enam  dosen AMIK BSI Karawang kampus Cikampek. Seminar itu menampilkan Eni Reptiningsih sebagai pembicara utama.

Eni menjelaskan mengenai mekanisme pembuatan beberapa karya ilmiah, seperti artikel ilmiah, praskripsi (diploma tiga), skripsi (strata satu), tesis (strata dua) dan disertasi (strata tiga).

Selain itu, menurut Eni, seminar seperti ini sangat baik bagi mahasiswa dalam menentukan ide dan topik dalam menyusun karya ilmiah yang baik. Kemampuan ini juga sebagai salah satu persyaratan mahasiswa yang ingin mendapatkan program beasiswa pendidikan.

“Diharapkan mahasiswa maupun dosen BSI kampus Cikampek memiliki kemampuan dalam hal menyusun karya ilmiah. Sehingga,  dapat memberikan motivasi untuk mendapatkan beasiswa pendidikan hingga jenjang pascasarjana maupun program beasiswa non-degree melalui jalur pertukaran mahasiswa ke luar negeri. Program beasiswa tersebut diperoleh melalui standar nilai akademik mahasiswa yang memperoleh prestasi  cumlaude  serta didukung dengan adanya persyaratan dari lembaga atau instansi pemberi program beasiswa dengan melampirkan artikel ilmiah,” ungkap Eni.

Acara seminar ini merupakan agenda dari bagian Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (PPPM) BSI sebagai bentuk nyata dari Tri Dharma perguruan tinggi yang rutin digelar setiap minggu.