Selasa , 11 April 2017, 20:48 WIB

BSI Karawang Bekali Mahasiswanya Jadi Pengusaha Muda

Red: Irwan Kelana
Dok BSI
AMIK BSI Karawang menggelar seminar kewirausahaan.
AMIK BSI Karawang menggelar seminar kewirausahaan.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG --  BEC (BSI Entrepreneur Center) AMIK BSI Karawang bekerja sama dengan BEC AMIK BSI Bekasi menggelar Seminar Kewirausahaan di Aula AMIK BSI Karawang, Rabu (5/4/2017). Seminar tersebut diadakan dalam rangka mempersiapkan generasi muda intelektual dan berjiwa wirausaha.

Seminar yang bertemakan ‘Muda, Peduli, Kreatif dan Mandiri, Jadi Pengusaha Sebelum Wisuda’ tersebut diikuti sekitar 400 mahasiswa semester dua dari AMIK BSI Karawang dan AMIK BSI Bekasi. Seminar menampilkan  Faif Yusuf, pemilik jaringan toko Kafana dan distributor Keke Bekasi sebagai narasumber dan inspirator.

Sebagai wirausahawan sukses di wilayah Bekasi, Faif membagikan pengalamannya kepada para peserta, bagaimana memulai dan menjalankan wirausaha agar semakin berkembang dan sukses.

Pengusaha yang tergabung dalam komunitas Tangan Di Atas (TDA) ini, juga membeberkan kunci suksesnya dalam berbisnis dari nol tanpa modal, jatuh bangun sampai stabilnya usaha hingga kini.                                                                                                                       

“Kesuksesan itu adalah ketika kesiapan bertemu dengan kesempatan. Konsep itu adalah kunci yang selalu saya pegang teguh,” katanya.

Menurut Faif, pengaruh terbesar memulai usaha adalah pada pola pikir seseorang dalam kesadaran dirinya dalam merencanakan dan memulai usaha. “Bukan hanya modal, bahkan saya memulai usaha tanpa modal namun kegigihan dalam kerja cerdaslah yang penting:  bagaimana kita memikirkan saat kita memulai. Intinya pola pikir dan berani mencoba,” katanya.

Koordinator seminar Awan Setio Budi mengatakan,  seminar tersebut sebagai rangkaian upaya dari penerapan teori wirausaha yang diterima mahasiswa pada mata kuliah kewirausahaan. Selanjutnya, mahasiswa akan memasarkan produk wirausahanya di bazar usaha mandiri, sebagai hasil kreativitas dan realisasi pembekalan materi yang telah diterima.

“Acara ini rutin diadakan setiap tahun sebagai bentuk usaha BSI dalam membentuk karakter mahasiswa yang kreatif, siap bersaing dalam dunia bisnis kreatif dan menjadi pengusaha muda bahkan sebelum wisuda,” pungkasnya.