Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Saturday, 11 Ramadhan 1439 / 26 May 2018

Aplikasi Ini Mudahkan Layanan Perbankan

Selasa 13 February 2018 14:16 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Winda Destiana Putri

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Aplikasi di ponsel. Ilustrasi

Foto: Google
Buddybank merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan penggunanya menggunakan jasa.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Diluncurkan pada awal pekan ini, Buddybank merupakan sebuah aplikasi yang memudahkan penggunanya menggunakan jasa perbankan. Tidak seperti aplikasi perbankan lainnya, yang dinilai membosankan dan terlalu lama dalam proses pelayanannya, Buddybank diklaim dapat membuat segala urusan terkait perbankan jadi lebih menyenangkan.

Aplikasi ini dikembangkan oleh salah satu bank terbesar di Italia, UniCredit, dengan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple. Aplikasi ini menggabungkan tampilan aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan dengan pelayanan perbankan yang optimal.

''Urusan perbankan terkadang benar-benar membosankan. Sebenarnya orang tidak terlalu peduli dengan urusan ini. Mereka menggunakan bank karena itu adalah tempat yang aman untuk menyimpan gaji dan tabungan. Misi dari aplikasi ini adalah membuat urusan perbankan jadi lebih menyenangkan,'' tutur salah satu anggota tim pengembang Buddybank, Angelo DAlessandro, kepada Mashable.

Aplikasi Buddybank memang bisa diunduh secara gratis, tapi untuk mengaktifkan berbagai fitur perbankan di dalamnya, pengguna harus menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit Mastercard lewat UniCredit. Biaya berlangganan fitur-fitur ini dalam satu bulan sebesar 99 euro. Namun, tidak seperti aplikasi sejenis, Buddybank menawarkan berbagai kelebihan.

Salah satunya adalah kemudahan bagi pengguna, saat mereka kehilangan kartu debit atau kartu kreditnya. Dengan data yang sudah terekam di aplikasi tersebut, pengguna hanya tinggal menunggu tidak lebih dari satu menit untuk mendapatkan kembali informasi tentang kartu kreditnya. Tidak hanya itu, saat berpergian ke luar negeri, pengguna aplikasi ini bisa langsung memeriksa transaksi yang diperlukan di lewat fitur pesan di aplikasi tersebut, tanpa harus menghubungi pihak bank.

D'Allesandro mengungkapkan, saat ini pihaknya memang baru bekerjasama dengan Apple. Hal ini tidak terlepas dari faktor keamanan dan kemudahan dalam mengakses berbagai perangkat Apple. ''Kami tertarik dengan kemurnian, keindahan, dan keamanan Apple. Nama Buddybank kami pilih karena kami ingin menjadi teman bagi cutomer kami. Terlepas dari berbagai teknologi, aset utama kami adalah nilai kenyamanan customer,'' kata D'Allesandro.

Tidak hanya berbagai layanan perbankan, seperti pengurusan kartu kredit yang hilang ataupun memeriksa transaksi, aplikasi ini juga dilengkapi fitur layanan perbankan lain secara langsung selama 24 jam. Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur personal lain, seperti mengingatkan hari ulang tahun sahabat Anda ataupun rencana liburan dan perjalanan Anda.

''Saat memasang aplikasi di perangkat Iphone, Anda akan ditanya tentang love data. Ini adalah 10 hal yang disukai seseorang, seperti apa yang biasa Anda lakukan di waktu luang, atau perjalanan liburan impian Anda,'' tutur D'Allesandro.

Pada masa mendatang, D'Allesandro memiliki visi tentang aplikasi perbankan ini. Dia membayangkan, aktivitas dan segala urusan perbankan dapat dilakukan dengan mudah, sama seperti aktivitas sehari-hari, semudah membalas pesan dari teman Anda. ''Di kontak Anda, Anda memiliki Buddybank, dan kami akan menanyakan beberapa autentifikasi. Dari sana, Anda bisa mengatur kehidupan finansial dan gaya hidup Anda. Sehingga, tampaknya Anda tidak perlu memasang aplikasi lain,'' ujarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES