Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Selasa, 4 Jumadil Akhir 1439 / 20 Februari 2018

Pembaruan Windows 10 Fokus Perbaikan Pengumpulan Data

Kamis 25 Januari 2018 09:04 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri

Windows 10 Fall Creators Update

Windows 10 Fall Creators Update

Foto: thetechnews.com
Sehingga memberi kendali lebih besar atas sistem operasi (OS) yang ada di Microsoft.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pembaruan Windows 10 berikutnya akan memperkenalkan alat baru untuk memberi tahu lebih banyak tentang data yang dikumpulkannya. Sehingga memberi kendali lebih besar atas sistem operasi (OS) yang ada di Microsoft.

Perusahaan mengumumkan fitur baru di sebuah posting blog yang dimulai dengan Activity History, yang dirancang untuk memberi tahu detail apa yang telah didambakan Microsoft Privacy Dashboard. Ini adalah halaman web baru di dalam situs web akun Microsoft online dengan representasi visual dan rinci tentang data pencarian, suara, penelusuran, lokasi, dan penelusuran.

Dari situ, pengguna memiliki pilihan untuk  'membersihkan' jenis data tersebut dari tingkat kategori atau sampai ke contoh penggunaan tertentu. Sementara itu, Windows Diagnostic Data Viewer berbasis aplikasi yang baru, memungkinkan pengguna melihat lebih banyak data diagnostik di balik layar yang dikumpulkan Microsoft.

Microsoft Privacy Officer untuk Windows and Device Group Marisa Rogers mengatakan, data yang dikumpulkan adalah data Umum, seperti nama Sistem Operasi, Versi, Device ID, Device Class, Diagnostic level selection dan sebagainya. Konektivitas Perangkat dan Konfigurasi seperti properti perangkat dan kemampuan, preferensi dan pengaturan, periferal, dan informasi jaringan perangkat.

Selain itu, lanjut dia, ada data Kinerja Produk dan Layanan yang menunjukkan data kesehatan, kinerja, dan keandalan perangkat, fungsi konsumsi film pada perangkat dan kueri file perangkat.

''Penting untuk dicatat bahwa fungsi ini tidak dimaksudkan untuk menangkap tampilan pengguna atau kebiasaan mendengarkan,'' kata Marisa, dikutip dari Techradar, Kamis (25/1).

Ada juga pengumpulan data Penggunaan Produk dan Layanan mencakup rincian tentang penggunaan perangkat, sistem operasi, aplikasi, dan layanan. Penyiapan dan Inventaris Perangkat Lunak seperti aplikasi terinstal dan riwayat pemasangan, informasi pembaruan perangkat.

Dari penampil ini, pengguna dapat melihat bagaimana peristiwa diagnostik yang dilacak ini, disimpan di server cloud-nya, digunakan oleh Microsoft. Namun pengguna tidak dapat mengelola atau menghapus data tersebut. Microsoft mengatakan, satu-satunya tindakan yang dapat dilakukan adalah memberikan umpan balik tentang aplikasi itu sendiri.

Laman Activity Histor sekarang hanya melalui halaman web akun Microsoft, sementara Windows Diagnostic Data Viewer tersedia untuk Windows Insiders, penguji publik Windows 10 beta dibangun sebelum diluncurkan secara luas. Kelebihan : Perbaikan menu awal, Action Center (Cortana sangat berguna), Edge menjadi lebih baik, Windows Hello sederhana dan aman, Windows Ink mendapat momentum. Kekurangan : OneDrive perlu bekerja, perbaikan juga menyebabkan masalah, Beberapa perubahan tidak lengkap.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA