Kamis , 30 November 2017, 20:33 WIB

Pokemon Go Timbulkan Kerugian Jutaan Dolar AS

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
http://gameranx.com/
Pokemon Go
Pokemon Go

REPUBLIKA.CO.ID, INDIANA -- Setelah diluncurkan, gim mobile Pokemon Go, menjadi gim paling favorit dan paling sering dimainkan oleh jutaan orang. Namun, hal tersebut justru menimbulkan banyak kerugian, khususnya di Amerika Serikat.

Bahkan, ada sebuah makalah yang menyindir gim yang diangkat dari film Pokemon tersebut, berjudl 'Death by Pokemon Go', yang menunjukkan sisi gelap dari gim reality dikombinasikan augmented reality.

Ekonom Universitas Purdue Mara Faccio dan John McConnell, menyisir laporan kecelakaan dari Tippecanoe County, Indiana, dalam 148 hari pertama, setelah gim tersebut dirilis pada Juli 2016. Di daerah itu sendiri, total nilai dari cedera, kerusakan, dan dua nyawa hilang adalah antara 5,2 juta Dolar AS dan 25,5 juta Dolar AS.

Jika mengukur dari keseluruhan kerugian di AS, diprediksi mencapai 2 miliar Dolar AS sampai 7,3 miliar Dolar AS, hanya dalam beberapa bulan. Laporan tersebut menunjukkan selama 148 hari tersebut, 286 tambahan terjadi di daerah tersebut, dibandingkan dengan periode yang sama sebelumnya. 

Dari jumlah itu, 134 kecelakaan berada di dekat pokstops. Dalam skenario ini, sangat penting untuk menentukan bahwa Pokemon Go menyebabkan kerusakan secara langsung, bukan hanya karena menyebabkan orang berada di luar rumah lebih banyak, sehingga lebih mungkin tertabrak mobil. 

Untuk memahami bagaimana mereka mengetahui hal ini, penting untuk diingat bahwa di dunia Pokemon Go, ada pokstops dan ada gym. Pokstops adalah tempat pengguna bisa mendapatkan lebih banyak pokballs dan mengambil persediaan. Sementara gym adalah tempat pengguna bertempur. 

Pengguna harus berjalan berkeliling untuk menemukan semua titik ini. Tapi banyak orang tertipu dengan berkendara ke berbagai pemberhentian, lalu melompat keluar dari mobil dan mengambil beberapa persediaan atau melakukan pertempuran cepat. 

Untuk mencegah gim ini membosankan, pembuat Pokemon Go membuatnya sulit untuk bermain gim sambil bergerak dengan kecepatan tinggi. Jika pergi terlalu cepat, pengguna tidak bisa bertarung di gym. Tapi ini bukan kasus semua pokstops. Dengan melihat angka tersebut, para ekonom menyadari jumlah kecelakaan jauh lebih tinggi di dekat rintangan daripada di gym.

Hal itu menunjukkan, kecelakaan benar-benar disebabkan oleh orang-orang yang melompat keluar dari mobil saat bermain game. Meningkatnya jumlah kematian bukan hanya karena lebih banyak orang berada di tempat yang salah pada waktu yang salah. Pokemon Go sebenarnya menyebabkan orang menjadi bodoh.