Rabu , 15 November 2017, 12:34 WIB

Apple Dikabarkan Sedang Siapkan Teknologi Sensor 3D

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
reuters
Apple
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, CONNECTICUT -- Baru saja meluncurkan Iphone X, Apple kembali memunculkan rumor mengenai produk barunya untuk 2019. Dikutip dari TheVerge, Apple tengah mengembangkan sensor 3D, yang akan digunakan untuk memperbaiki aplikasi dan layanan tambahan augmented enterprise.

Sistem tersebut bekerja dengan menembak laser yang keluar dari perangkat gawai, lalu membutuhkan waktu untuk refleksi yang menghasilkan sebuah peta atau gambar. Sebenarnya, teknologi serupa dapat dihasilkan dengan menggunakan kamera ganda, seperti yang sudah dilakukan Apple melalui sistem FaceID, karena berbasis inframerah yang memberi keunggulan pada bagian depan Iphone X.

Google bahkan melakukannya dengan menggunakan piksel ganda di kamera Pixel 2 terbaru, yang menghasilkan cukup banyak efek paralaks. Namun, sistem baru Apple ini dikembangkan untuk menghasilkan gambar yang jauh lebih presisi dan kokoh.

Bahkan, Apple saat ini dikabarkan sedang mempertimbangkan pemasok untuk sistem penginderaan 3D yang ada dalam rencana perusahaan, meski belum sepenuhnya yakin bahwa teknologi ini akan berhasil masuk ke Iphone 2019. Menurut laporan, sensor TrueDepth yang membuat kerja FaceID di bagian depan Iphone X juga akan disematkan.

Meski, Apple masih akan melihat sejauh mana respons pasar terkait teknologi itu. Namun, sensor 3D ini sesuai dengan rekam jejak terkini Apple, yang menciptakan Taptic Engine, prosesor A11 Bionic, dan keseluruhan sistem FaceID. ARKit Apple juga menjadi contoh augmented reality yang sangat cukup mengesankan pada perangkat IOS.