Selasa , 07 November 2017, 21:13 WIB

Jutaan Pengguna Android Dikelabui Whatsapp Palsu

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
EPA/Ritchie B.Tongo
Whatsapp
Whatsapp

REPUBLIKA.CO.ID, Lebih dari satu juta pengguna Android tertipu aplikasi Whatsapp palsu. Alih-alih memperbaharui sistem, aplikasi yang mereka unduh hanya tiruan dari Whatsapp.

Pada Play Store, aplikasi palsu ini sebelumnya bernama Update Whatsapp dengan gambar ikon persis sama seperti aslinya. Kini, aplikasi tiruan ini telah berganti nama menjadi Dual Whatsweb Update yang diikuti dengan perubahan logo.
 
Dengan nama Update Whatsapp, pengguna Android mengira mereka sedang mengunduh pembaharuan sistem dari Aplikasi Whatsapp. Padahal Update Whatsapp hanyalah sebuah tiruan.
 
Ini bukanlah pertama kalinya seseorang berupaya mengelabui pengguna Android dengan aplikasi palsu. Namun dari sekian banyak kasus, aplikasi Whatsapp palsu yang paling sukses hingga mengelabui jutaan pengguna.
 
Dilansir Mashable, aplikasi tiruan ini dipenuhi dengan banyak iklan. Kasus penipuan ini diungkapkan oleh Nikolaos Chrysaidos yang merupakan seorang peneliti keamanan di perusahaan anti-virus Avast. Selain Whatsapp, Chrysaidos juga menemukan kasus yang sama pada aplikasi perpepasanan Facebook.