Selasa , 07 November 2017, 21:03 WIB

Rilis Pekan Depan, Firefox Quantum Tampil Lebih Kencang

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Mozilla Firefox (Ilustrasi)
Mozilla Firefox (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mozilla berupaya mengejar ketertinggalannya untuk menciptakan browser yang lebih kencang. Lebih dari satu tahun Mozilla mengembangkan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja. Beberapa perbaikan besar dilakukan pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya.

Misalnya, 'Quantum Compositor' telah mengurangi crash browser sekitar 10 persen. Fitur pengubah permainan seperti WebAssembly dan WebVR memungkinkan untuk mendapatkan kinerja cepat dan hampir seperti aslinya untuk aplikasi web di desktop dan headset VR.

Pekan depan tepatnya pada 14 November 2017, Mozilla dijadwalkan akan merilis browser Firefox Quantum. Dalam konferensi pers di Jakarta hari ini (7/11), jajaran eksekutif Mozilla membongkar apa saja fitur-fitur yang disematkan pada Mozilla Quantum.

Hal pertama yang dilihat oleh pengguna adalah perubahan pada logo. Logo Mozilla dipoles ulang sehingga terlihat lebih modern dan cerah namun tetap mempertahankan gambar serigala yang menjadi ciri khas Mozilla.

Mozilla juga telah menyegarkan dan mendesain ulang antarmuka pengguna Firefox melalui proyek Photon. Ini bertujuan untuk menyediakan alur desain yang cepat, lancar, dan lebih cerdas. Desain minimalis yang baru memperkenalkan tab persegi, animasi halus, dan Library/Perpustakaan, yang menyediakan akses cepat ke item tersimpan milik pengguna: bookmark, Pocket List, history, downloads, tabs, dan screenshot.

Beberapa minggu yang lalu Mozilla mengumumkan versi Beta untuk Firefox Quantum. "Dibandingkan dengan Firefox enam bulan yang lalu, Firefox Quantum dua kali lebih cepat berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. Firefox baru juga menyeimbangkan penggunaan memori dengan 30 persen lebih sedikit daripada Chrome," terang Jeff Griffiths, Director of Product Management for Core Browsers.

Selain peningkatan pada kinerja secara keseluruhan, Mozilla juga berfokus untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan 'Tracking Protection' dalam mode browsing private, Mozilla mencapai 67.5 persen penurunan dalam jumlah cookie set HTTP selama crawl 200 top situs berita Alexa.

Karena Firefox tidak mendownload dan membuat konten dari pelacakan domain, 'Tracking Protection/Perlindungan Pelacakan' juga memiliki kinerja pengurangan median 44 persen pada waktu buka halaman. Serta, pengurangan 39 persen penggunaan data di situs yang sama.

Selain itu, sejumlah komponen Quantum ditulis dalam bahasa Rust, sebuah bahasa yang dirancang khusus untuk memastikan perlindungan terhadap beberapa jenis kerentanan keamanan besar.