Selasa , 07 November 2017, 19:39 WIB

Mozilla Rilis Firefox Quantum dan Rocket di Indonesia

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
WIRED
Mozilla Firefox
Mozilla Firefox

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mozilla memperkenalkan dua versi terbaru browsernya yakni Firefox Quantum dan Firefox Rocket. Firefox Quantum adalah browser baru yang menggunakan mesin Web generasi berikutnya dari Mozilla. Sedangkan Firefox Rocket merupakan browser android yang didesain cepat dan ringan.

Menurut Joe Cheng selaku Product Manager Android Browser Mozilla, Firefox Rocket diciptakan khusus untuk Indonesia. "Aplikasi Firefox Rocket dapat diunduh di Google Play dan ukurannya hanya 2,39 MB," kata Cheng dalam konferensi persnya di Jakarta, Selasa (7/11).

Oktober lalu, Mozilla mengumumkan 'Project Quantum' untuk membangun mesin web generasi berikutnya. Setelah lebih dari satu tahun pengembangan dan memperbaiki hampir 500 bug yang mempengaruhi kinerja, Mozilla melakukan beberapa perbaikan pada Firefox dan menjadikannya lebih baik dari sebelumnya.

Beberapa minggu yang lalu Mozilla mengumumkan versi Beta untuk Firefox Quantum. Dibandingkan dengan Firefox enam bulan yang lalu, Firefox Quantum punya kinerja dua kali lebih cepat berdasarkan benchmark Speedometer 2.0. Firefox baru juga menyeimbangkan penggunaan memori dengan 30 persen lebih sedikit daripada Chrome.

Director of Product Management for Core Browsers, Jeff Griffiths, mengatakan Firefox Quantum secara resmi akan dirilis di seluruh dunia pada 14 November mendatang. Sementara browser android Firefox Rocket sudah dapat diunduh mulai hari ini (7/11). Namun pengguna produk Apple harus bersabar karena sejauh ini Firefox Rocket belum tersedia bagi pengguna iOS.