Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Monday, 6 Ramadhan 1439 / 21 May 2018

Sticar, Startup Lokal Penyedia Iklan Kendaraan Bermotor

Kamis 19 October 2017 03:20 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Sepeda Motor

Sepeda Motor

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Industri periklanan di Indonesia terus berkembang. Selain jumlah belanja iklan dari berbagai brand meningkat, mediumnya juga kini bertambah. 

Tahun ini, metode iklan luar ruang dengan kendaraan bermotor sebagai mediumnya tengah naik daun. Tidak hanya iklannya yang dapat berjalan kemana saja, namun pengiklan juga dapat melacak dan mengetahui seberapa efektif kampanye mereka lewat sistem pelacakan online yang diberikan oleh para penyedia jasa.

Sticar adalah startup lokal yang menyediakan layanan iklan di kendaraan bermotor. Bahkan, Sticar merupakan pionir dalam menjamurnya pemain-pemain lain dalam bidang yang sama. 

Bisnis ini tengah menjamur dengan hadirnya banyak pemain-pemain baru, dan euforianya baru dimulai sekitar akhir tahun kemarin. Bisa dibilang kami yang memulai pertama kali metode iklan di kendaraan yang dipadukan dengan teknologi, ujar CEO Sticar Rio Darmawan dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Rabu (18/10).

Di tengah persaingan yang sengit, Sticar tidak bisa berdiam diri. Apalagi awareness dari pelaku bisnis, dan kalangan professional terhadap metode iklan luar ruang yang murah dan efektif seperti Sticar kian meningkat. 

Untuk menjawab tantangan tersebut, inovasi terus dilakukan yang pada akhirnya membuat Sticar berbeda dengan startup sejenis lainnya. Salah satu titik pembeda adalah sistem dashboard untuk para pengiklan yang bersifat Real Time. 

Para pengiklan yang bekerjasama dengan Sticar dapat memantau setiap waktu perkembangan kampanye mereka. Dashboard yang kami berikan itu real time. Pengiklan dapat memantau jumlah mitra driver yang berjalan, jumlah kilometer yang ditempuh, dan juga jumlah impresi (orang yang melihat iklan) pada saat itu juga. "Setiap menit, bahkan setiap detik dashboard mereka akan otomatis melakukan refresh," katanya.

Hal yang menjadi pembeda lainnya adalah sistem pelaporan. Sticar akan mengirimkan report setiap bulannya, serta memberikan progress mingguan dari campaign setiap pengiklan. 

Sistem pelaporan ini juga diberlakukan untuk para mitra. Setiap bulannya mereka akan mendapatkan penghasilan.  Mereka dapat mengirim report melalui aplikasi lewat fitur bernama redeem. Redeem adalah tahapan untuk mencairkan dana dengan cara mitra wajib mengambil gambar kondisi mobil mereka langsung aplikasi. 

Fitur redeem ini bersifat live, sehingga para mitra tidak bisa mengunggah foto dari galeri yang sebelumnya mereka ambil. Hal ini mencegah adanya tindakan mitra driver mencopot stiker iklan sebelum periode kampanye berakhir. 

Dua keunggulan tersebut juga melengkapi salah satu kelebihan yang memang sangat terasa, yaitu murahnya biaya yang dikeluarkan pengiklan untuk beriklan di luar ruang yang selama ini dianggap mahal. 

Di usianya yang baru menginjak satu tahun, Sticar telah berkembang dengan menjalankan 50 kampanye dari segala jenis brand. Dengan layanannya yang kini telah ada lebih di 15 kota, Sticar terus berupaya menghadirkan sesuatu yang beda setiap tahunnya. "Kami sadar kami tidak berjalan sendiri. Untuk itu kami ingin selalu berinovasi sehingga kami beda dan berkualitas dari yang lain," tutup Rio. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA