Sunday, 2 Jumadil Akhir 1439 / 18 February 2018

Sunday, 2 Jumadil Akhir 1439 / 18 February 2018

Whatsapp Resmi Miliki Emoji Sendiri

Kamis 05 October 2017 06:49 WIB

Rep: Taufiq Alamsyah Nanda/ Red: Winda Destiana Putri

Emoji yang dirilis WhatsApp tak jauh berbeda dari yang dimiliki iPhone.

Emoji yang dirilis WhatsApp tak jauh berbeda dari yang dimiliki iPhone.

Foto: GSMArena

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi pesan Whatsapp telah memiliki set emoji yang secara orisinil mereka rancang sendiri. Namun set emoji tersebut baru tersedia pada versi Android beta. Sebelumnya, salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh ini, menggunakan set emoji buatan Apple dalam setiap versinya.

Seperti dilansir dari GSMArena, jika dilihat sekilas maupun secara seksama, emoji tersebut tidak ada bedanya dengan emoji sebelumnya. Namun emoji ini dilengkapi dengan beberapa elemen baru. Yakni dari Android Oreo yang juga digabungkan dengan set emoji Twitter.

 

Semua emoji tersebut juga dirancang dengan bahasa komputer Unicode yang sama. Sehingga terlihat mirip, dengan tujuan agar dapat terbaca pada berbagai perangkat ponsel.

Bukan tanpa alasan jika aplikasi pesan singkat yang disebut juga dengan nama WA ini, sebelumnya menggunakan set emoji Apple. Pasalnya, sistem Android belum mendukung untuk ketersediaan emoji.

Untuk memastikan emoji yang dikirim oleh pengguna iPhone akan terlihat di perangkat Android, WhatsApp mengintegrasikan keseluruhan emoji Apple yang ada di dalam aplikasinya.

Sampai saat ini masih belum dipastikan apakah perangkat emoji tersebut hanya tersedia di perangkat non-Apple atau di semua platform yang mengunduh Whatsapp. Diperkirakan bahwa Apple akan tetap menggunakan emoji Apple asli yang ada di perangkatnya. Oleh karena emoji tersebut masih terlihat sangat mirip dengan emoji buatan WA.

Dikatakan bahwa WhatsApp mungkin hanya ingin berhenti menggunakan set emoji Apple, dengan alasan hak cipta. Walaupun masih menjadi misteri bagaimana Whatsapp bisa menggunakannya selama bertahun-tahun ini.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA