Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Senin, 6 Ramadhan 1439 / 21 Mei 2018

Instagram Kembangkan Fitur Blokir Komentar Ofensif

Ahad 02 Juli 2017 04:20 WIB

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ratna Puspita

Instagram. Ilustrasi

Instagram. Ilustrasi

Foto: Mashable

REPUBLIKA.CO.ID, SANFRANSISCO Sebagai salah satu media sosial yang digandrungi di dunia, Instagram terus memperbaharui fiturnya. Fitur terbaru yang kini bisa dijumpai pada Instagram adalah filter pintar yang bisa memblokir komentar ofensif secara otomatis.

Dilansir dari The Verge pada Ahad (2/7), fitur baru yang dikembangkan itu adalah fitur untuk menyaring komentar berisi spam dalam sembilan bahasa, yaitu Inggris, Spanyol, Portugis, Arab, Prancis, Jerman, Rusia, Jepang, dan Cina. Ke depannya, Instagram juga akan menambah lebih banyak bahasa yang tersedia.

Fitur baru ini juga akan memblokir komentar yang tidak pantas, baik dalam postingan ataupun dalam video. Untuk sisi komentar, pengguna Instagram masih memiliki pilihan untuk melaporkan, menghapus, atau mematikannya kalau mereka merasa ada komentar yang menyerang.

Dalam kebijakannya, Instagram belum menentukan jenis komentar mana yang memenuhi syarat sebagai ofensif, langkah bijak tersebut dilakukan mengingat wawasan itu bisa membantu orang mengakali sistem. 

Untuk mencegah orang mencoba melakukannya, Instagram akan terus menampilkan komentar yang diblokir pada ponsel orang-orang yang menulisnya. Ini bukan usaha pertama Instagram untuk membungkam para penebar ujaran kebencian. 

Pada September 2016, perusahaan tersebut juga merilis sebuah alat untuk menyembunyikan komentar yang berisi kata-kata yang tidak pantas, termasuk sebuah fitur yang mengundang pengguna untuk membuat daftar kata-kata tertentu yang tidak .

"Pekerjaan kami jauh dari kata selesai dan sempurna, tapi semoga kami membantu Anda merasa lebih aman dan lebih selamat datang di Instagram," tulis CEO Instagram dan Kevin Systrom dalam sebuah posting blog yang mengumumkan perubahan terbaru.

Kevin melanjutkan, dengan menggunakan teknologi  pembelajaran mesin canggih untuk mendeteksi dan menyaring komentar tersebut, diharapkan sangat efektif dalam menyaring komentar spam di Instagram.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA