Senin , 20 March 2017, 16:16 WIB

Akuntansionline.id Luncurkan Layanan Akuntan Virtual Pertama di Indonesia

Red: Irwan Kelana
Dok Zahir
Akuntan virtual membantu pemilik bisnis menjalankan bisnisnya.
Akuntan virtual membantu pemilik bisnis menjalankan bisnisnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bisnis startup saat ini sudah menjamur di kawasan negara berkembang seperti Indonesia. Berawal dari rintisan baru, bisnis akan terus berjalan dan harus menghasilkan laporan keuangan untuk menjawab semua aktivitas perusahaan. Tidak menutup mata bahwa banyak perusahaan startup ragu dalam menjalankan bisnisnya karena belum adanya laporan keuangan.
 
Kesulitan membuat laporan keuangan membuat perusahaan mengambil langkah untuk merekrut karyawan dan menyerahkan semua proses pembuatan laporan keuangan kepada karyawan barunya. Menurut Chief Technology Officer Akuntansionline.id,  Eko Cahyono, keputusan ini menimbulkan banyak polemik. “Mulai dari keraguan perusahaan terhadap keakuratan laporan keuangan hingga molornya waktu penyelesaian yang dihindari oleh para business owner,” ujar Eko Cahyono dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (20/3).

Eko menambahkan, para business owner itu harus  memutar otak agar pembuatan laporan keuangan ini tidak mengganggu bisnisnya yang harus terus berjalan dan tetap taat pada aturan pajak. “Apalagi kebijakan pemerintah saat ini tentang penetapan tax amnesty yang membuat banyak business owner gencar mengelola bisnisnya,” tuturnya.

Terkait hal tersebut, kata Eko, pihaknya siap membantu para pemilik bisnis dalam membuat laporan keuangan melalui akuntan virtual. Akuntan virtual dihadirkan untuk menjadi solusi para business owner dalam mendapatkan laporan keuangan dan pajak tepat waktu.

“Banyak pengusaha yang belum siap dalam mengelola laporan keuangan, sehingga kami siapkan akuntan virtual untuk membantu business owner tetap menjalankan bisnisnya” papar Eko.

Eko menjelaskan, akuntan virtual memiliki layanan jasa akuntansi, keuangan dan pajak dengan mengandalkan teknologi internet yang dikembangkan oleh Akuntansionline.id. “Perusahaan yang menggunakan akuntan virtual sudah tidak perlu lagi merekrut karyawan dan tidak perlu lagi mempelajari software akuntansi yang akan menyita banyak waktu,” ujarnya.

Dengan menggunakan akuntan virtual, kata Eko, business owner bisa tetap fokus kepada pengembangan bisnis,  sementara laporan keuangan dan pajak berada di tangan yang tepat. Layanan ini memberikan banyak benefit yang sangat menguntungkan pihak business owner. “Mulai dari tiga juta rupiah, pelanggan akuntan virtual ini  sudah bisa konsultasi secara virtual melalui skype, laporan keuangan ontime dan free langganan Zahir online,” tutur Eko.

Akuntansionline.id merupakan perusahaan yang menaungi akuntan virtual ini bekerja sama dengan pengembang perusahaan software akuntansi Zahir Accounting dalam hal menyediakan software cloud computing.