Senin , 20 March 2017, 16:01 WIB

Spokle, Bantu Komunikasi Orang Tua dengan Anak Berkebutuhan Khusus

Rep: Wilda fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Rakhmawaty La'lang/Republika
Sejumlah anak berkebutuhan khusus merangkai kalung berbahan manik-manik pada pelajaran keterampilan di Jakarta.
Sejumlah anak berkebutuhan khusus merangkai kalung berbahan manik-manik pada pelajaran keterampilan di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah perusahaan jasa kesehatan asal Australia belum lama ini mengumumkan peluncuran aplikasi perangkat seluler terbarunya, Spokle App. Aplikasi ini ditunjukkan untuk membantu komunikasi orang tua dengan buah hatinya yang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Berdasarkan rilis yang diterima Republika, Senin (20/3), aplikasi ini diklaim dapat menjadi jawaban dari keresahan para orang tua dari anak berkebutuhan khusus. Mereka dapat memperoleh dukungan serta bimbingan dari para ahli profesional dengan cara yang sangat terjangkau, nyaman dan tanpa hambatan geografis.  

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play store  lalu akan berlanjut di di Apple app store. Dengan demikian, aplikasi ini dapat diunduh dengan mudah oleh para orang tua yang berada di enam negara Asia Pasifik.

Adapun enam negara yang dapat mengunduh apliaksi ini, seperti Indonesia, Australia, Selandia Baru, Singapura, Malaysia dan Filipina. Saat ini aplikasi bisa diakses dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Pendiri Spokle, Elisabeth Yunarko menjelaskan, aplikasi ini nantinya mampu membantu keluarga dan anak-anak yang memiliki kesulitan-kesulitan dalam berkomunikasi. Beberapa di antaranya seperti keterlambatan bicara atau bahasa serta kebutuhan yang lebih kompleks seperti gangguan spektrum autisme. Oleh karena itu, mereka kelak akan dengan mudah mendapatkan akses terapi dari ahli terapis wicara dan bahasa. Bahkan, untuk mereka yang berada di lokasi yang terpencil sekalipun.

“Luasnya kepulauan Indonesia yang terdiri dari lebih 18.000 pulau merupakan tantangan terbesar bagi banyak orang tua dan keluarga tersebut untuk mendapatkan akses pengobatan secara rutin. Oleh karenanya, kami berinisiatif menggabungkan peranan teknologi perangkat seluler yang telah tersedia untuk membawa pengetahuan dan keahlian para profesional lebih dekat kepada mereka” ujar Elisabeth.

Sebagai informasi, aplikasi ini terdiri dari berbagai program yang mencakup sejumlah topik. Beberapa topik itu seperti Pengembangan Keterampilan Komunikasi Anak, Integrasi Sensorik, Penanganan Perilaku, hingga program pembelajaran berbasis video yang dapat dipilih dari lebih 300 video pilihan. Video yang berisi contoh nyata sehari-hari membuat aplikasi SpokleTM dapat sangat mudah digunakan bahkan oleh anak-anak dari usia 12 bulan ke atas.

Selain berisi berbagai topik dan program pembelajaran berbasis video, SpokleTM App dilengkapi juga dengan kuis sederhana. Kuis ini dapat membantu orang tua dan anggota keluarga lainnya melacak perkembangan anak mereka terhadap pencapaian-pencapaian utama yang ingin diraih.