Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Wednesday, 5 Jumadil Akhir 1439 / 21 February 2018

Facebook Ogah Pasang Tombol "Dislike", Alasannya Filosofis

Sabtu 10 October 2015 22:57 WIB

Red: Nur Aini

Enam emotikon baru Facebook

Enam emotikon baru Facebook

Foto: theinquirer.net

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Facebook tak menambahkan tombol "dislike" karena dinilai membawa aura negatif di media sosial. Kepala Pemberitaan Facebook Adam Mosseri mengatakan timnya memutuskan untuk meniadakan "dislike" dalam semangat yang dibangun Facebook.

Media sosial tersebut memilih memberikan solusi atas kebutuhan tombol "dislike" dengan enam emotikon baru. Pengguna sekarang bisa mengekspresikan berbagai perasaan di status, gambar, dan video. Seperti tombol "like", reaksi tersebut akan muncul dalam pesan di lini masa baik dalam versi mobile maupun desktop.

Mosseri mendapat mandat untuk membuat pengguna lebih mudah mengekspresikan diri tanpa perlu mengunggah semua komentar. Untuk memutuskan implementasi tombol reaksi itu, dia menggabungkan masukan sosiolog dengan data yang menggambarkan kegiatan orang di Facebook. "Kami ingin membuatnya lebih mudah. Ketika sesuatu lebih mudah, itu menjangkau banyak orang, dan lebih banyak orang menggunakannya," ujarnya seperti dilansir Independent, Sabtu (10/10).

Emotikon baru tersebut baru bisa digunakan pengguna di Spanyol dan Irlandia pada Kamis (8/10) dan akan segera disebarkan ke semua pengguna dalam beberapa bulan ke depan. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA