Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Kamis, 9 Ramadhan 1439 / 24 Mei 2018

Batal Sediakan "Dislike", Facebook Memilih Tombol "Wow"

Jumat 09 Oktober 2015 02:19 WIB

Red: Nur Aini

Facebook

Facebook

Foto: AP/Ben Margot

REPUBLIKA.CO.ID,

SAN FRANCISCO -- Setelah sukses dengan tombol "like", Facebook ingin membuat lamannya semakin ekspresif. Pengguna akan segera bisa mengunggah sesuatu yang lebih dari sekadar "suka".

Pengguna Facebook bisa lebih mengekspresikan cinta dan simpati, kemarahan, atau kesedihan dengan emotikon bergambar. Media sosial itu menyatakan akan meluncurkan uji coba tombol "reaksi" yang membuat pengguna bisa memilih tujuh ekspresi termasuk "like" dan "wow". Namun, tombol "Dislike" ternyata tidak menjadi pilihan bagi Facebook.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan melalui Facebook bahwa pengguna meminta ada cara lain untuk merespon laman seperti saat orang mengunggah sesuatu tentang kematian seseorang yang dicintai atau berita dengan cerita tragis.  "Tidak setiap momen merupakan momen baik, dan kadang kamu hanya ingin sebuah cara untuk mengekspresikan empati. Suka mungkin bukan jalan terbaik untuk mengekspresikan dirimu sendiri," tulis Zuckerberg seperti dikutip Reuters, Kamis (8/10).

Dalam video perseroan yang diunggah Kepala Produk Facebook Chris Cox, enam tombol baru memperlihatkan emotikon bergambar dan muncul saat tombol "like" diklik lebih lama.

Perseroan mengatakan fitur baru itu akan diujicoba di Irlandia dan Spanyol untuk iOS, Android, dan desktop. Masukan yang muncul dari ujicoba itu akan digunakan untuk memperbaiki fitur ke depan.

"Seperti yang anda lihat, ini bukan tombol "dislike", kita berharap ini bisa memenuhi permintaan lebih luas," ujar Cox.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA