Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Sunday, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 February 2018

Bermain Game Pac-Man di Web HTML5 tak Butuh Flash!

Rabu 28 July 2010 02:56 WIB

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari

Game klasik versi arcade, Pac-Man

Game klasik versi arcade, Pac-Man

REPUBLIKA.CO.ID, Programer bernama Dale Harvey baru saja menciptakan versi Pac-Man yang dapat dimainkan hanya dengan menggunakan web standar. Untuk membangun ulang permainan serupa yang hanya dijumpai di versi arcade klasik dalam kode browser asli, ia mengandalkan memori penyimpanan lokal komputernya, audio HTML5, Kanvas dan sebuah @font-face. Harvey tak ketinggalan membagi kode utak-atik di Github, sehingga anda dapat memainkan game ini secara lokal di browser anda.

Upaya Harvey tersebut adalah contoh baru bagaiman web standar digunakan alih-alih menggunakan Flash untuk menciptakan pengalaman interaktif dengan animasi dalam browser. Memang tak dipungkiri plug-in Flash masih jadi pilihan populer dalam game-game berbasis browser dan ia juga memiliki kelebihan dibanding HTML5. Intinya, permainan berbasis Flash dapat beroperasi di setiap browser.

Namun, untuk memainkan Pac-Man versi Harvey, yang kini telah disambungkan ke port milik Google, anda hanya akan butuh satu browser yang mendukung elemen yang ia gunakan, yakni Firefox. Opera dan Chrome dapat menghasilkan tampilan lumayan mulus. Namun jangan coba di IE8, game tak bakal bisa berjalan.

Sebuah postingan di blognya tentang proyek tersebut, Harvey mengungkap sejumlah kendala yang ia jumpai saat melabuhkan game dalam web. Salah satunya, tak mudah untuk memprogram suara dengan audio HTML5. Juga tak ada alat cukup nyaman untuk menggambar bentuk Kanvas dan menggunakan Kanvas/HTML5, bahkan untuk game sesederhana Pac-Man, tetap membuat CPU kepayahan ketimbang menggunakan Flash

Sumber : webmonkey
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA